Header Ads

Masih Muda Tapi Sudah Beruban, Ternyata Hal Itu Bisa Dicegah Dengan Ini

Ilustrasi
 Semakin bertambah usia, rambut memang ditumbuhi uban atau rambut yang memutih. Tetapi ada juga yang masih berusia muda tapi sudah beruban, yang tentu akan mengurangi rasa percaya diri.

Wanita manapun ingin rambutnya tetap terlihat hitam, berkilau, sehat dan lebat. Jika ingin rambut yang seperti itu sebaiknya menggunakan santan kelapa yang dipercaya dapat mencegah uban. Alhasil, di usia tua pun rambut Anda akan tetap terlihat hitam. Benarkah?

Dikatakan oleh Etty Bachetta, SH, herbalis, uban timbul karena faktor genetik, stres, dan penyakit imunologi seperti anemia pemisiosa yaitu kekurangan darah yang mengakibatkan rambut beruban.

Santan kelapa mengandung fosfor, kalium, natrium, magnesium, kalsium, sulphur, ferum, asam ascorbat, protein, lemak, hidrat arang dan potasium. Kandungan tersebut membuat santan kelapa dapat mencegah timbulnya uban sekaligus memperkuat akar rambut, mencegah kerontokan, membuat rambut hitam berkilau serta menyehatkan rambut.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, santan kelapa dicampurkan dengan kemiri, garam dan sedikit minyak. Cara membuatnya satu buah kelapa tua diparut, lalu hasil parutan dicampur dengan air kelapa atau 250 cc air putih.

Selanjutnya 7 butir kemiri yang sudah disanggrai dhaluskan, kemudian tambahkan 1 sdt minyak zaitun dan ½ sdt garam. Tahap berikutnya adalah bahan-bahan tersebut diaduk hingga tercampur merata, lalu disiramkan ke kepala hingga meresap ke dalam pori-pori kulit kepala.

Agar santan kelapa meresap ke dalam pori-pori kulit kepala, pijat kulit kepala secara perlahan-lahan selama lima menit. Sesudah itu didiamkan selama 30 menit agar campuran santan kelapa benar-benar meresap ke dalam kulit kepala.

Selanjutnya rambut dibilas hingga bersih menggunakan sampo lidah buaya. Untuk mencegah rambut beruban, gunakan santan kelapa secara rutin 2-3 minggu sekali. Hasilnya dalam jangka waktu 3-6 bulan rambut menjadi bertambah hitam dan kuat.

Untuk hasil yang lebih baik, sebaiknya diimbangi dengan makan sayur-sayuran yang mengandung banyak zat besi, Vitamin B, Vitamin K, protein dan natrium. Contohnya sayur bayam, daun singkong, daun katuk dan daun pepaya. Dianjurkan juga makan buah-buahan yang kaya antioksidan seperti manggis dan pepaya.

Sementara menurut dr. Sondang Aemilia Pandjaitan-Sirait, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, santan kelapa memang bagus untuk merawat helaian rambut.

Meski demikian, belum ada penelitian yang membuktikan kegunaan santan kelapa untuk akar rambut atau sel melanosit di akar rambut. Helaian rambut tidak memproduksi pigmen melanin, karena itu semua jenis treatment dari luar hanya mampu melapisi helaian rambut menjadi lebih lembut, mudah disisir, tampak berkilau dan mudah ditata.

Jika rambut sudah beruban, maka mengatasinya hanya dapat dihitamkan dengan cat rambut warna hitam yang permanen.

Sumber: netralnews
Kabarkabari.id

No comments