Header Ads

90% Orang Meremehkan “8 Bagian Tubuh” Ini, Padahal Mereka Punya “Nama” dan “Fungsi” yang Fantastis!

Kabarkabari.id -

Walaupun merupakan bagian dari tubuh kita, namun banyak orang yang mengabaikan, bahkan tidak mengetahui nama dan fungsi dari 8 bagian tubuh ini.
1. Anatomical Snuffbox
Kalau kamu meregangkan ibu jari, maka akan muncul segitiga di antara pergelangan tangan dan bagian bawah ibu jari. Nama bagian ini adalah Anatomical Snuffbox dan dinamakan begitu karena orang dulu menggunakan bagian ini untuk menaruh bubuk tembakau dan kemudian mengendusnya (snuff). Di bagian ini, kamu juga bisa merasakan denyut nadi.
2. Jempol Kaki
Jempol kaki bukan hanya berfungsi untuk estetika saja, tapi juga memiliki fungsi lain yang sangat penting, yaitu menjaga keseimbangan ketika kamu berdiri.
3. Glabella
Apakah kalian tahu nama bagian di antara kedua alis? Nama bagian itu adalah glabella. Di titik ini, banyak terdapat titik syaraf. Jika mengetuk bagian itu dan mata terasa ingin berkedip, maka menandakan bahwa tubuh dalam keadaan sehat.
4. Renda di Bawah Lidah
Ketika mengangkat lidah seperti pada gambar, kamu akan menemukan bagian seperti renda di bagian bawah lidah. Bagian yang terlihat remeh ini ternyata mempunyai fungsi penting, yaitu menjaga lidah di mulut agar tetap pada posisinya.
5. Tragus dan Antitragus
Bagian dari daun telinga yang bernama tragus ini berfungsi untuk menerima suara dari arah belakang, membesarkan suara itu, dan melacak asal suara. Sedangkan bagian daun telinga yang bernama antitragus berfungsi untuk menangkap suara dari arah depan.
6. Tonsil
Tonsil atau amandel memiliki fungsi penting sebagai penahan untuk mencegah kuman masuk ke dalam tubuh karena mengandung sel limfosit.
7. Kutikula Kuku
Bagian kulit di pangkal kuku disebut kutikula. Bagian ini berfungsi untuk mencegah bakteri masuk ke dalam tubuh. Namun, banyak wanita memotong bagian ini demi kecantikan, terutama ketika melakukan manicure.
8. Filtrum
Lekukan yang terletak di atas bibir dan di bawah hidung bernama filtrum. Sebagian mamalia dan primata juga memiliki bagian ini di area hidungnya. Pada mamalia, filtrum berfungsi menjaga kondisi hidung agar tetap lembab sehingga bisa meningkatkan fungsi penciuman. Sedangkan pada manusia biasanya bagian ini digunakan sebagai media untuk membaca karakter dan nasibnya.

Sumber: Bright SideCerpen.co.id

No comments