Header Ads

Jalan Kaki 30 Menit Untuk Jantung Sehat dan Kulit Cantik

Ilustrasi

Masyarakat kota besar dengan aktivitas yang super sibuk selalu menjadikan pekerjaan dan kemacetan untuk tidka berolahraga. Padahal, siapa bilang olahraga yang menyehatkan hanya bisa dilakukan di pusat kebugaran atau gym?

Berjalan kaki minimal 30 menit setiap hari saja sudah memberikan manfaat yang sangat besar bagi tubuh.

"Kalau memang sudah ada pil yang bisa membuat seseorang sehat dan bugar dengan sekali telan, boleh saja malas bergerak. Tapi kenyataannya kan tidak," ujar Rob Copeland, profesor aktivitas fisik di Sheffield Hallam University dan Walking Ambassador for Westfield Health.

"Lebih baik sedikit daripada tidak sama sekali, terutama bagi orang-orang yang biasanya tidak aktif. Sepuluh menit berjalan cepat bisa memberi dampak positif pada kesehatan dan kesejahteraan Anda," lanjutnya

Berjalan bisa membantu melindungi Anda dari penyakit mematikan seperti penyakit jantung, diabetes dan kanker. Ini juga bisa mengatasi stres, membuat Anda terlihat dan merasa lebih muda. Bahkan bisa memberi Anda kulit yang lebih halus.

Yang terbaik, 30 menit pertama latihan yang Anda lakukan setiap minggu memberikan manfaat terbesar.

Semakin banyak yang Anda lakukan - seperti berjalan 10, 20 atau 30 menit setiap hari - semakin baik tubuh Anda akan merasakannya setiap saat.

Inilah bukti bahwa berjalan benar-benar obat terbaik buat kesehatan seperti dituliskan Mirror.co.uk:

Jantung
Berjalan selama 30 menit setiap minggu bisa memangkas risiko penyakit jantung sebesar 11%. Jantung yang lebih kuat dapat memompa lebih banyak darah dengan setiap irama sehingga tidak harus bekerja begitu keras.

Berjalan juga bisa mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam darah. Hal ini juga mengurangi risiko penyakit jantung Anda dengan membantu menjaga arteri Anda tetap sehat dan mencegah bahaya penyumbatan.

Paru-paru
Saat berjalan bisa meningkatkan kapasitas jantung Anda. Anda tidak dapat mengubah ukuran paru-paru Anda, namun ini bisa membantu tubuh Anda memanfaatkan oksigen dengan lebih baik dari suplai paru-paru Anda.

Perut
Salah satu cara yang paling jelas berjalan bisa membuat Anda merasa lebih muda dan lebih sehat adalah dengan membantu menurunkan berat badan. Berjalan meningkatkan metabolisme tubuh Anda, membuat tubuh Anda membakar kalori dan lemak lebih cepat.

Berjalan kencang selama 45 menit harus cukup membuat tubuh Anda mulai membakar cadangan lemak, yang bisa mempercepat penurunan berat badan.

Kulit
Olahraga sedang, seperti jalan cepat, meningkatkan aliran darah ke kulit, menjaga sel tetap sehat dan terlihat sehat. Aliran darah yang meningkat juga membawa lebih banyak produk limbah seperti radikal bebas, yang merupakan penyebab keriput.

Dermatologist Ellen Marmur mengatakan: "Anda bisa menganggapnya sebagai membersihkan kulit Anda dari dalam."

Tulang
Saat Anda berjalan dan bergerak, otot Anda menarik tulang Anda. Itu mungkin terdengar seperti itu akan melemahkan tulang Anda, tapi justru memperkuatnya.

Sumber: arah
Kabarkabari.id

No comments