Header Ads

Tips Lancar Berpuasa Bagi Penderita Penyakit Asam Lambung

Kabarkabari.id -
Ilustrasi

Akibat salah mengatur pola makan saat puasa, banyak orang yang akhirnya jatuh sakit. Ujung-ujungnya mereka harus rela membatalkan puasa demi alasan kesehatan.

Bagi yang memiliki penyakit seperti asam lambung, tidak ada salahnya sebelum puasa kita mulai melatih diri untuk menahan lapar. Atau mencari makanan yang cocok untuk dikonsumsi agar tetap energik sepanjang hari.

Selain menjaga makanan, seorang warganet bernama Musa Nuwayri membagikan tips untuk mengatasi sakit asam lambung agar tetap dapat berpuasa tanpa hambatan.

Musa mengaku memiliki penyakit asam lambung yang lumayan parah. Bahkan sebelum Ramadan dia sudah bolak-balik ke rumah sakit untuk berobat. Tapi tahukah Anda? Dia malah merasa sehat selama puasa. Malah dia mengaku tidak pernah lagi mengalami sakit asam lambung yang parah.

Berikut ini yang dilakukan Musa agar dia masih tetap bisa menjalankan ibadah puasa meski menderita penyakit asam lambung.

1. Ambil kurma dahulu
Saat berbuka, dia mulai dengan menjamah buah kurma dengan air putih. Ini agar perutnya menerima makanan yang lembut-lembut saja dahulu.

2. Setelah beberapa suap nasi, baru ambil sedikit sambal
Kemudian, dia makan nasi dengan lauk yang tidak pedas dan asam. Setelah beberapa suap, baru dia ambil sambal yang dia suka. Itu pun dengan jumlah yang sedikit.

3. Tidak terlalu kenyang
Dia pastikan untuk tidak makan hingga kenyang saat berbuka. Yang penting sudah menunjukkan tanda-tanda kekenyangan, dia akan berhenti makan. Kadang-kadang makan terlalu kenyang akan menyebabkan perutnya sakit.

4. Minum yoghurt setelah tarawih
Setelah tarawih, dia akan minum yoghurt. Ini untuk menjaga keberadaan bakteri baik di dalam perut. Untuk mencegah jika ada rembesan asam lambung, maka tidak akan menyebabkan diare. Dia juga makan buah-buahan yang manis seperti melon, mangga dan pepaya.

5. Sebelum tidur minum segelas air
Kemudian, sekitar setengah jam sebelum tidur, dia akan meminum segelas air. Ini untuk menjaga perutnya tetap dalam kondisi nyaman dan rileks saat tidur.

6. Sahur dengan nasi, susu coklat, dan oatmeal
Saat sahur, dia makan nasi. Dan kemudian meminum segelas susu coklat panas sebelum Imsak. Dan di dalam susu itu dimasukkan 1-2 sendok oatmeal untuk menjaga perutnya saat berpuasa.

7. Hindari makanan yang dilarang
Selama beberapa tahun menikah, dia masih baik-baik saja saat berpuasa. Rahasianya adalah dia memilih makanan yang tepat untuk berbuka dan bersahur. Dan banyak-banyak berdoa supaya dapat berpuasa dengan baik. Selain itu, jika kalian sudah tahu punya penyakit, maka jauhi makanan yang dilarang.

8. Menghindari stres
Hindari stres. Biasanya, ketika stres, asam lambung juga menyerang. Jadi, jika ingin menenangkan diri, banyak-banyak ambil air wudhu dan mengaji Alquran. Semoga berhasil

Sumber: dream

No comments