Header Ads

Jangan Sampai Terlewat! Ini Nich 4 Hal yang Seringkali Terlupakan saat Melamar Kerja

ilustrasi

Untuk menghadapi proses lamaran kerja sungguh sangat mendebarkan, sehingga kerap kali ada beberapa hal yang sebenarnya amat sederhana dan penting namun sering kali terlupa saat kamu melakukan proses lamaran bekerja. Artikel berikut ini akan membahas tentang beberapa hal sederhana yang setidaknya dapat kamu persiapkan dalam rangka menyukseskan proses lamaran kerja kamu. Berikut ulasannnya.

1. Kerapihan rambut

Kerap kali dilupakan, padahal kerapihan rambut ini dapat mempengaruhi pandangan mereka (perusahaan) terhadap kamu loh, dan bukan kerapihan pakaian kamu saja. Dengan dilihatnya rambut kamu yang tidak rapi dapat membuat mereka mengira bahwa kamu tidak sedang bersungguh-sungguh dalam melamar pekerjaan di perusahaan mereka. Oleh karena itu, sebelum melamar kerja ataupun wawancara kerja. Sebaiknya kamu merapikan rambut kamu dulu ya guys. Selain enak dipandang, kamu juga telah menunjukkan sebuah sisi dari seorang profesional yang ingin melamar pekerjaan.

2. Bahasa tubuh


Kerap kali rasa grogi berlebihan dapat merusak momen pencarian kerja kamu. Orang yang terkadang tidak mampu mengendalikan bahasa tubuhnya di saat itu, kerap kali gagal dalam proses lamaran kerja. Hal-hal buruk yang akan menimpa kamu yang tidak mempersiapkan bahasa tubuh mu saat proses melamar/wawancara kerja antara lain, kamu akan berkeringat berlebihan, memunculkan suasana yang tidak nyaman, kamu akan kehilangan fokus saat bertanya. Dan yang lebih parah, mereka akan mengira bahwa kamu tidak cukup siap untuk dapat bekerja di perusahaan mereka.

3. Pena/ballpoint

Hal selanjutnya yang sering kali terlupa saat proses melamar kerja, ialah lupa membawa pena/ballpoint, sering kali proses melamar kerja,mengharuskan Anda untuk mengisi form terlebih dahulu untuk menuju ke proses selanjutnya. Selain data diri yang telah kamu siapkan di CV atau surat lamaran Anda. banyak juga perusahaan yang mengharuskan Anda untuk mengisi form yang telah mereka sediakan sebagai bahan perbandingan dengan kandidat karyawan lainnya yang melamar untuk bekerja di posisi yang sama. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu jangan sampai lupa untuk membawa pena mu sendiri. Mungkin saja kantor tersebut tidak menyediakan alat tulis lebih untuk para kandidat yang akan mengisi form tersebut. Daripada harus menunggu peserta yang lain selesai mengisi form itu, alangkah lebih baiknya kamu membawa pena sendiri agar proses pelamaran kerja kamu berjalan lebih cepat dan lebih efisien.

4. Sopan Santun

Jangan remehkan hal ini ya guys, banyak sekali terjadi kegagalan yang tercipta lantaran kurangnya memperhatikan sopan santun saat melamar kerja. Usahakanlah untuk menjaga sikap sebaik-baiknya kepada siapapun, dan juga jangan lupakan untuk tetap mengeluarkan kalimat-kalimat yang santun, sehingga orang lain dapat mengerti dan menangkap maksud dan tujuan Anda dengan baik. Kerap kali hal yang demikian ini juga dapat membantu kamu untuk menggapai keberhasilan saat melamar suatu pekerjaan.

Beberapa hal diatas memang terdengar sederhana. Namun akan sungguh sangat disayangkan bila hal sesederhana ini saja kamu bisa terlupa. Karena, efek yang ditimbulkan dengan adanya 4 hal yang telah dijabarkan diatas sungguh dapat mempengaruhi keberhasilan kamu dalam melamar kerja. Oleh karena itu, kamu jangan sampai lupa ya guys. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan salam sukses!!

Sumber: okezone
Kabarkabari.id

No comments