Header Ads

CATAT! Begini Tips Aman Menyetir Mobil di Siang Hari

ilustrasi

BAGI sopir yang sedang melakukan perjalanan mudik di siang hari, Anda harus menjaga kesehatan mata agar tidak terganggu. Bagaimana tipsnya ya?

Spesialis Mata dr Gustri Kusuma Wardhani dari RS Evasari Jakarta memberikan tips nyaman agar Anda tetap menyetir di jalan raya. Simak paparannya berikut ini yang dirangkum Okezone.

Pakai sunglasses

Menyetir di siang hari setidaknya lebih nyaman daripada malam. Tapi paparan sinar matahari siang dapat mengganggu mata. Karenanya Anda harus menggunakan sunglasses di siang hari saat menguasai jalan raya.

Usahakan kaca mobil anti-silau

Kaca layar mobil juga harus menggunakan stiker film anti-silau. Jangan biarkan paparan matahari langsung masuk ke mata. Bahayanya bisa menyebabkan penyakit mata di kemudian hari.

Jangan biasakan minum supplemen

dr Gustri melarang Anda konsumsi suplemen atau minuman berenergi saat mengendarai motor atau mobil saat mudik Lebaran. Ya, selain membuat Anda kecanduan, minuman tersebut berbahaya bagi kesehatan.

"Kalau mata terasa lelah, ya istirahat! Jangan dibiasakan minum suplemen," tutur dr Gustri ramah.

Istirahat cukup

Saat mata terasa mengantuk, jangan melanjutkan perjalanan Anda. Tubuh pun akan ikut terasa lelah dan Anda harus berhenti. Jangan terburu-buru untuk sampai ke tujuan. Apalagi ketika kondisinya macet panjang di jalan yang membuat Anda bosan.

Minum banyak air putih


"Dehidrasi berat bisa sebabkan mata kering. Maka jangan paksakan puasa saat di perjalanan, apalagi kalau cuacanya panas," tambahnya saat berbincang dengan Okezone di RS Evasari Jakarta.

Minumlah banyak air putih untuk menstabilkan energi. Jangan malas untuk melipir makan berat saat di perjalanan. Selamat mencoba!

Sumber: okezone
Kabarkabari.id

No comments