Header Ads

Coba Yuk! Begini 6 Cara Ampuh Kurangi Stres

ilustrasi

STRES dapat menyebabkan beberapa gangguan dan penyakit. Stres membuat orang mengalami peningkatan tekanan fisik dalam kehidupan sehari-hari. Ada dua alas an utama mengapa stres bisa dialami oleh seseorang. Pertama karena kemasyarakatan dan kedua karena alasan personal.

Ketidaksetaraan pada masyarakat yang terus meningkat dan ketakutan tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dapat memicu stres. Lalu banyak orang yang menderita disregulasi stres di mana orang kelebihan kortisol, hormon stres utama. Disregulasi membuat stres lebih mudah dipicu dan terlalu sulit dihilangkan.

Kedua alasan itu bisa membuat orang merasa sangat gelisah bahkan tanpa alasan. Tak jarang, orang yang mengalami stres tidak menemukan cara yang efektif untuk mengatur diri mereka kembali ke keadaan yang lebih tenang dan fungsional.

Dilansir dari Time, Kamis (22/6/2017), seiring dengan pemahaman yang lebih baik, stres bisa diatas dengan cara-cara berikut.

Bangun koneksi sosial


Jaringan sosial yang kuat dapat membantu orang untuk mengembalikan keseimbangan emosional dan mengendalikan kecemasannya. Secara biologis, saat berada dalam sebuah jaringan sosial, orang akan melepaskan "perasaan baik" hormon serotonin dan oksitosin. Selain itu, keterlibatan sosial mendorong berfungsinya korteks prefrontal, bagian otak yang digunakan untuk mengatur emosi dan membuat keputusan bijaksana.

Menjadi sadar

Untuk melindungi diri dari stress, orang bisa melatih kesadaran diri dengan fokus pada apa yang terjadi pada masa sekarang daripada menikmati kemarahan atau penyesalan di masa lalu, atau takut akan masa depan. Hal ini bisa memperbaiki fungsi otak sehingga meningkatkan kemampuan untuk menghindari respon stres yang berlebihan.

Kontrol ulang

Kurang kontrol adalah salah satu pemicu stres. Cara yang bisa dilakukan adalah mencari peluang untuk memperluas rasa kontrol, baik di tempat kerja maupun dalam kehidupan sehari-hari. Kita bisa menegaskan pada diri kita sendiri atau mencari pertemanan yang menguntungkan.

Tetap aktif secara fisik

Aktivitas fisik secara langsung mengurangi kelebihan kortisol sehingga bisa mengurangi stres. Aktivitas fisik berfungsi membuat lebih banyak energi tersedia dalam situasi yang penuh tekanan. Sehingga memberi banyak manfaat langsung pada banyak kesulitan saat terjadi stres karena meningkatkan fungsi otak yang mendukung pengaturan diri.

Hindari perangkap alkohol dan kenyamanan makanan

Beberapa orang mungkin memiliki makanan dan minuman favorit yang biasa dikonsumsi saat mereka sedang stres. Tapi ternyata, bisa saja makanan dan minuman yang dikonsumsi malah memicu masalah lain. Makanan dengan kalori tinggi dan berlemak contohnya. Jenis makanan itu bisa melawan kortisol, namun berisiko meningkatkan penyakit jantung dan gangguan lainnya. Begitu juga dengan zat seperti alkohol dan obat-obatan lainnya yang secara singkat mengurangi stres, namun berisiko meningkatkan masalah yang serius di jalan karena mabuk.

Lupakan sejenak masalahnya

Beberapa orang menjadi stres karena mengalami suatu masalah. Hal yang harus ditekankan adalah tidak ada satu masalah pun yang bisa diselesaikan secara cepat, perlu berbagai pertimbangan. Untuk itu, ketika menghadapi masalah, ada baiknya memanfaatkan hubungan sosia, mempraktikkan kesadaran, dan mengendalikan diri agar tidak stres berkepanjangan.

Sumber: spiritriau
Kabarkabari.id

No comments