Header Ads

Tak Ingin Menggemuk saat Puasa? Ini Dia Tipsnya Ladies

Kabarkabari.id -
ilustrasi

Girls, pernah nggak kamu mengalami kenaikan berat badan di bulan Ramadhan? Mungkin ada yang pernah mengalaminya, ya.

Iya sih, kita puasa sebulan penuh. Tapi kadang karena pola makan yang salah dan juga perubahan rutinitas, tubuh malah jadi tambah gemuk saat puasa.

Biar berat badan tetap stabil di bulan Ramadhan, ada beberapa aturan dasar yang perlu diikuti. Aturan-aturannya simpel kok. Kalau bisa diikuti dengan baik, berat badan bisa lebih terkendali dan kesehatan tetap terjaga.
Tips agar Tidak Gemuk saat Puasa

Daripada kamu bertanya-tanya, berikut ini merupakan beberapa tips agar tidak gemuk saat puasa. Yuk, simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Makan sahur secukupnya dengan asupan buah dan sayur


Girls, jangan sampai kamu melewatkan makan sahur. Makan sahur tetap penting untuk membuat tubuh berenergi serta kuat untuk puasa seharian. Cukupi kebutuhan protein dan juga serat dengan baik saat makan sahur. Tapi jangan sampai kekenyangan juga, ya.

Makan dengan porsi kecil

Saat sahur maupun berbuka, jangan langsung makan dalam porsi yang besar, ya. Makanlah dalam porsi kecil terlebih dulu. Jangan balas dendam saat buka puasa, ya.

Berhentilah sesegera mungkin setelah kamu merasa agak kenyang. Sebelum makan sahur ataupun berbuka, minumlah air putih terlebih dulu. Selain menjaga tubuh agar terhidrasi dengan baik, ini juga akan mencegahmu untuk makan terlalu rakus.

Hindari minuman manis, bersoda, dan berkafein yang berlebihan

Memang disarankan untuk berbuka dengan yang manis-manis terlebih dulu. Namun jangan sampai berlebihan. Batasi konsumsi minuman manis, bersoda, dan juga berkafein. Gantilah dengan yang lebih sehat, seperti air putih hangat dan juga jus buah tanpa gula.

Olahraga ringan dan tetap aktif menjalani rutinitas


Olahraga kecil seperti jalan santai ataupun yoga ringan bisa dilakukan saat puasa. Olahraga ringan pastinya akan membantu membakar kalori. Lakukan sesuai kemampuan saja, jangan sampai membuatmu dehidrasi, ya.

Jangan makan berat sebelum tidur

Setidaknya berilah jarak 3 jam untuk makan sebelum tidur malam. Sistem pencernaan tubuh jangan divorsir terlalu keras. Selain itu, jangan langsung tidur sebelum waktu imsak tiba.

Langsung tidur setelah makan sahur bukan kebiasaan yang sehat guys. Karena bisa menyebabkan penimbunan lemak akibat kelebihan energi akibat minimnya aktivitas. Baiknya beri jeda 1 jam setelah makan sahur jika ingin kembali istirahat.

Itu tadi 5 tips agar tidak gemuk saat puasa. Yuk, tetap semangat menjalankan ibadah puasanya. Jadikan momen bulan Ramadhan ini untuk membangun kembali kebiasaan-kebiasaan yang sehat.

Semoga bermanfaat.

Sumber: rancahpost

No comments