Header Ads

Murah Meriah, Tapi Makanan Ini Bisa Turunkan Kadar Kolesterol Lo

Ilustrasi
Kadar kolesterol yang tinggi dalam darahmerupakan faktor risiko utama bagi terjadinya aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah) maupun penyakit jantung koroner.

Kadar kolesterol yang tinggi akan menyebabkan penumpukan lemak dan trombus (bekuan darah) di pembuluh-pembuluh darah. Pada kondisi yang berlangsung lama, hal ini akan mengakibatkan penyumbatan khususnya pada pembuluh-pembuluh darah kecil utama yang menyuplai oksigen dan nutrisi ke jantung dan otak.

Kadar lemak dalam darah selama ini dapat dikendalikan dengan memodifikasi gaya hidup (olahraga dan diet) serta obat-obatan. Salah satu yang sedang diteliti oleh para ahli untuk menurunkan kadar kolesterol adalah tempe, suatu bahan pangan nabati asli Indonesia.

Tempe adalah produk pangan bergizi tinggi yang terbuat dari kacang kedelai. Tempe mengandung beberapa zat, diantaranya serat (fiber), lecithin, polyunsaturated fatty acid dan isoflavonoid yang dianggap bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, baik itu kolesterol total, LDL (low density Lipoprotein) dan HDL (High Density Lipoprotein).

Isoflavonoidmampu memperbaiki dan meningkatkan kemampuan pembuluh-pembuluh darah untuk menyerap nutrisi (meningkatkan permeabilitas), dengan demikian secara tidak langsung menurunkan kemungkinan terjadinya penumpukan lemak (fat deposition) dalam dinding-dinding pembuluh darah.

Yang paling berperan dalam menurunkan kadar kolesterol pembuluh darah adalah faktor-faktor dari isoflavonoid (6,7,4 trihidroxy isoflavone).

Sri Rahayuningsih dkk dalam penelitiannya yang dimuat dalam Medical Journal of Indonesia menyatakan bahwa tempe merupakan makanan potensial untuk menghambat terjadinya peningkatan kadar kolesterol dalam darah dan faktor-faktordalam isoflavonoid memiliki pengaruh terhadap profil lemak meskipun mekanismenya belum diketahui.

Diperlukan penelitianpenelitian lebih lanjut untuk mengungkap efek tempe terhadap kolesterol berdasarkan cara masak, jumlah tempe yang dikonsumsi serta nutrien-nutrien lainnya yang terkandung didalam tempe.

Sumber: wartakesehatan
Kabarkabari.id

No comments